Selasa, 05 April 2016

Processing Dasar / Belajar syntax

1. Apa tujuan dari hidup anda?

Tujuan hidup saya adalah, mencukupi kebutuhan hidup keluarga saya sendiri, kemudian saya akan menjadi seorang yang pantang menyerah dan pemimpin dimanapun saya berada walaupun harus tanpa jabatan saya ingin menjadi pendamai bagi mereka yang membutuhkan, seperti para Rosul yang menjadi pendamai dengan Tauladannya.

2. Sebutkan dan jelaskan perintah (sintax) apa saja yang telah anda pelajari (berikan contohnya)?
1.  Untuk menggambar titik (point) digunakan perintah point(x,y) dimana nilai x dan y adalah koordinat pada layar
2.  Fungsi ellipse() digunakan untuk menggambar sebuah ellipse dalam program Processing. Syntax yang digunakan adalahellipse(x, y, width, height). X dan y menandakan letak ellipse, sedangkan width dan height adalah parameter panjang dan lebar ellipse. Apabila width sama dengna height akan membentuk sebuah lingkaran.
3.  Fungsi quad() digunakan untuk menggambar bentuk dasar bersisi empat. Sudut antara dua sisi tidak terbatas sebesar 90 derajat. Contoh gambar yang bisa dibentuk adalah gambar trapesium. Syntax fungsi quad().
quad(x1, y1, x2, y2, x3, y3, x4, y4)

4.  Kegunaan fungsi rectangle() hampir sama dengan quad(). Hanya saja sudut antara dua buah sisi yang terhubung dipastikan tegak lurus. Syntax fungsi ini adalah sebagai berikut.
rect(a, b, c, d) atau  rect(a, b, c, d, r) atau  rect(a, b, c, d, tl, tr, br, bl)
nilai x, nilai koordinat y, panjang, dan lebar persegi yang akan dibentuk. Parameter kelima, r, digunakan untuk membentuk sebuah persegi atau persegi panjan dengan ujung yang melengkung (rounded corner). Apabila kita mengingingkan bentuk lengkungan yang berbeda-beda pada tiap sudut, syntax ketiga yang kita gunakan.
5.  line (), dari dua buah titik dan dihubungkan akan membentuk sebuah garis. Fungsi untuk menggambar garis adalah line(). Syntax yang digunakan adalah.
2D: line(x1, y1, x2, y2)
3D: line(x1, y1, z1, x2, y2, z2)
6.  Fungsi triangle() yang khusus digunakan untuk menggambar segitiga. Fungsi yang digunakan adalah triangle(). Syntax program tersebut.
triangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3)

7.  Fungsi smooth() dapat digunakan untuk memperhalus sudut-sudut objek. Untuk menonaktifkan, gunakanlah fungsi noSmooth().

8.  Fungsi fill() digunakan untuk menambah isi dari objeck dengan cara memilih warna pada Tool > color selection > pilih warna > tekan tombol copy > paste di dalam kurung fill.
9.  Fungsi background() untuk memberi warna latar dengan memilih warna pada menu Tool
10.  Fungsi strokeWeight() untuk memberi ketebalan pada garis tepi object
11.  Fungsi stroke gidunakan untuk memberi warna garis tepi
12.  Fungsi Aktif untuk menggerakkan gambar mengikuti arah Mouse


3.  Syntax membuat kombinasi lingkaran


// Kombinasi Lingkaran//
void setup () {
size (600,600);
}
void draw () {
// lingkaran 1

strokeWeight (7);
ellipse (270,280,400,400);

//lingkaran 2

strokeWeight (6);
ellipse (270,280,300,300);

//lingkaran 3

strokeWeight (6);
ellipse (120,160,90,90);

//lingkaran 4

strokeWeight (6);
ellipse (450,350,160,160);

//lingkaran 5

strokeWeight (6);
ellipse (150,450,120,120); }

note : tambahkan syntax fill( ); untuk memberi warna

Trimakasih untuk kunjungan ke blog ini sobat. Wassalam


1 komentar:

  1. Terima kasih kak.
    materi ini sangat membantu saya yang baru mulai belajar tentang software processing ini ..
    sangat bermanfaat.

    BalasHapus